Bila Anda berencana mudik atau berlibur saat lebaran, bukan hanya rencana perjalanan yang harus disusun. Idealnya Anda Juga menyiapkan ponsel dan nomor ponsel Anda agar komunikasi tetap lancar selama menikmati cuti bersama. Apa saja yang perlu dicermati?


Cakupan Area

Kalau Anda menggunakan nomor GSM atau CDMA mobile, seperti Fren Mobile-8 dan Smart Telecom, periksalah apakah lokasi tujuan telah termasuk dalam cakupan area operator yang Anda pakai. Tak ada salahnya membekali diri dengan nomor cadangan keluaran operator lain.

Bila Anda sehari-hari memakai nomor CDMA fixed wireless access, baik Telkom Flexi, StarOne, maupun Esia, aktifkan layanan yang memungkinkan Anda memakai nomor itu di kota lain. Namanya Flexi Combo, StarOne Jelajah, dan Esia GoGo. Silakan menanyakan detailnya ke customer service operator CDMA yang Anda gunakan.

Cek Pulsa

Sebagai pengguna kartu prabayar, pastikan nomor Anda berada dalam masa aktif, bukan masa tenggang. Periksalah apakah sisa pulsa yang tersedia masih memadai. Untuk berjaga-jaga, siapkan 1-2 lembar voucher isi ulang fisik di dompet Anda.

Sementara itu, kalau Anda pelanggan kartu pascabayar, lunasi dulu seluruh tagihan jatuh tempo sebelum menikmati libur Lebaran. Sungguh tidak nyaman bila nomor Anda diblokir gara-gara lupa membayar tagihan.

Charger & Baterai

Kalau Anda membawa kendaraan pribadi dan bakal menempuh perjalanan darat yang cukup panjang, siapkan charger yang cara pakainya ditancapkan ke colokan pemantik api di mobil. Charger seperti itu biasa disebut charger mobil, car charger, atau cigarette lighter adapter.

Menumpang kendaraan umum? Bekali diri dengan battery box yang memiliki baterai lithium internal atau battery stick yang menggunakan baterai AA. Battery box sebenarnya lebih tepat dipilih karena ia dapat mengisi ulang baterai ponsel sampai penuh. Sedangkan Battery stick hanya menjaga ponsel supaya tetap menyala selama beberapa jam.

Pilihan lain adalah membeli dan membawa baterai cadangan yang sesuaidengan ponsel anda. (Oleh: Herry S.W./JawaPos)

Iklan