Di beberapa organisasi/perusahaan, terkadang menganggap segala sesuatu dari sebuah pekerjaan adalah sebagai proyek (project).  Ada juga yang sebaliknya bahwa yang dianggap project adalah yang hanya melibatkan/membutuhkan budget/biaya. Sehingga jarang sekali mereka  mengerjakan project.

Adapun pengertian secara umum bahwa yang dimaksud dengan project adalah (berdasarkan definisi yang disebutkan oleh PMI-PMBOK) pekerjaan yang temporer untuk menciptakan sebuah produk atau layanan (service) yang spesifik/berbeda dari yang lain atau sebelumnya.

Temporer yang berarti sebuah pekerjaan ada akhirnya (suatu saat akan berakhir), sedangkan spesifik/unik adalah hasil dari project itu haruslah sesuatu yang unik dan lain dari yang lain (belum pernah dibuat-di dalam organisasi tersebut).

Sedangkan pekerjaan yang melibatkan rutinitas tidaklah bisa disebut dengan project.

Contoh yang bisa dikategorikan sebagai project :

Membuat aplikasi antrean (memiliki rentang waktu tertentu dengan produk yang sebelumnya belum ada yaitu sistem antrean dengan rentang pengerjaan 1 bulan)

Membuat gedung/warehouse (memiliki rentang waktu tertentu dalam pembuatannya dan menghasilkan gudang)

Membuat produk baru semisal benang/textile dengan komposisi yang baru yang memiliki kelebihan dibanding produk sebelumnya

Konversi/migrasi dari aplikasi lama ke aplikasi yang baru

Dan yang lainnya

Iklan