Pertanyaan awal yang mucul adalah, Apakah itu Leadership Level 5 ??? Kenapa Leadership Level 5 banyak menginspirasi pemimpin / CEO perusahaan besar di dunia menerapkan prinsip ini sekarang ??? Bahkan saat ini Dirut Telkom Indonesia, Arif Yahya (AY) sebagai CEO operator telekomunikasi terbesar di Indonesia menggaungkan prinsip Leadership Level 5 ini.

Sebenarnya Leadership Level 5 (Kepemimpinan Tingkat 5) ini berawal dari Buku “Good to Great” yang ditulis oleh Jim Collins, dimana buku ini banyak menginspirasi pemimpin besar/hebat karena didasarkan pada riset yang mendalam terhadap berbagai organisasi atau perusahaan kelas dunia (worldclass).

Pada buku ini mengajari kita untuk memahami aspek apa saja yang membuat perusahaan yang baik (GOOD) menjadi perusahaan hebat (GREAT). Salah satu aspek yang ditemukan pada perusahaan yang menjadi GREAT adalah apa yang disebut Jim Collins sebagaiLeadership Level 5 (Kepemimpinan Tingkat 5)

Apakah Pemimpin Tingkat 5 itu ? Pada dasarnya Pemimpin Tingkat 5 menjauhkan diri mereka dari kepentingan pribadi dan mengalokasikan energi dan ambisinya untuk membangun perusahaan.
Tapi bukan berarti Pemimpin Tingkat 5 tidak memiliki ambisi pribadi, justru terlihat bahwa Pemimpin Tingkat 5 memiliki ambisi & kemauan yang besar, namun mereka mengarahkan ambisinya untuk organisasi, bukan untuk diri
sendiri dan sekaligus menerapkan nilai-nilai KERENDAHAN HATI, ibaratnya seorang pemimpin adalah seorang ayah (Leader is a father) atau seorang pemimpin adalah Guru (Leader is a teacher)

Bila buku ini ditelaah, maka didalam diri Pemimpin Tingkat 5, terdapat kombinasi yang unik antara AMBISI atau KEMAUAN dan KERENDAHAN HATI.

Selanjutnya Jim Collins mengidentifikasikan tingkatan-tingkatan Kepemimpinan (Leadership) berdasarkan pengamatannya terhadap banyak CEO perusahaan kelas dunia sebagai berikut :
a. Leadership Level 1 : Individu Berperforma Tinggi (High Capable Individual)
Merupakan Pemimpin dalam membuat kontribusi yang produktif melalui bakat, pengetahuan, ketrampilan dan kebiasaan kerja yang baik (Good Work Habit).

b. Leadership Level 2 : Anggota Tim Yang Kontributif (Contributing Team Member)
Merupakan Pemimpin yang mengkontribusikan kemampuan individual untuk mencapai tujuan bersama dan bekerja efektif dengan orang lain dalam tim.

c. Leadership Level 3 : Manager Handal (Competent Manager)
Merupakan Pemimpin yang mampu mengelola orang sebagai sumberdaya dalam pencarian cara yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.

d. Leadership Level 4 : Pemimpin Efektif (Effective Leader)
Merupakan Pemimpin yang mampu meningkatkan komitmen dalam pencarian visi yang jelas dan tegas serta mendorong terbentuknya standar performansi yang lebih tinggi.

e. Leadership Level 5 : Executive
Pemimpin ini mampu membangun kehebatan (Greatnest) yang terus-menerus melalui kombinasi antara kesederhanaan pribadi dan ambisi profesional.

Berikut gambar piramida tingkatan Leadership Level 5 :

sumber : https://jokosulistiyo99.wordpress.com/leadership/leadership-level-5/

Iklan