Kali ini tulisan berkaitan dengan sistem informasi di sebuah rumah sakit, bagaimana dunia IT bisa membantu bagi masyarakat dan pasien dalam mendapatkan kepastian layanan. Semoga saja rumah sakit yang lain bisa mengikuti jejaknya.

Simak di bawah ini .

Antrian untuk mendapatkan kamar inap maupun untuk pendaftaran rawat jalan sudah jamak kita saksikan. Hampir di semua rumah sakit akan kita jumpai banyaknya antrian. Tidak jarang antrian sudah dimulai sejak dini hari, sehingga tidak sedikit yang rela untuk menginap di rumah sakit untuk mendapatkan nomor antrian yang lebih dahulu.

Bagaimana antrian ini bisa ditangani dan diantisipasi? Berikut ini adalah study banding di sebuah rumah sakit. Bagaimana pemanfaatan teknologi informasi bisa menangani permasalahan yang muncul dari banyak kasus. Umumnya ada 3 macam antrian yang ada : antrian rawat jalan, rawat inap dan operasi. Untuk itu digitalisasi yang diterapkan pada rumah sakit difokuskan pada upaya memberi kepastian layanan kepada pasien. Kepastian memperoleh layanan rawat jalan diperoleh pasien melalui Anjungan Pendaftaran Mandiri. Dibekali dengan sistem informasi yang menampilkan jumlah pendaftar di setiap poliklinik dan berapa pasien yang sudah dilayani.

Selain itu rumah sakit juga mengimplementasikan Sistem Bed Information dan Bed Management. Dengan sistem tersebut, masyarakat bisa mengakses informasi secara real time tentang ketersediaan kamar rawat inap, melalui situs web maupun dashboard informasi yang tersedia di rumah sakit. Uniknya, ketersediaan kamar tersebut sudah disortir berdasarkan jenis kelamin pasien dan jenis penyakitnya.

Tidak ada kata akhir dalam penerapan teknologi informasi (TI) di rumah sakit. TI perlu senantiasa dikembangkan dan disempurnakan demi kepentingan manajemen maupun pasien dalam rangka memberi kepastian, keakuratan, kecepatan dan kepuasan untuk mutu yang lebih baik. Rumah sakit tanpa teknologi informasi akan sulit berkembang. Demikian yang disampaikan oleh dr. Theryoto, M.Kes – Direktur Utama RSUD Koja Jakarta

sumber : majalah Info Komputer

 

Iklan